Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan PNS, TNI dan Polri 2012


Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan PNS, TNI dan Polri 2012

Selain menetapkan gaji para pegawai negeri sipil (PNS), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menetapkan pensiun pokok pensiunan PNS dan janda/dudanya, purnawirawan, warakawuri/duda, tunjangan anak yatim/piatu, anak yatim piatu, dan tunjangan orang tua anggota TNI serta Polri. Dengan penetapan ini, rata-rata pokok pensiunan PNS, anggota TNI dan Polri naik sekitar 7 persen.

Penetapan pensiun pokok untuk pensiunan PNS, TNI, dan Polri itu dilakukan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 18, 19 dan 20 tahun 2012, yang ditandatangani Presiden SBY pada tanggal 6 Februari lalu, dan berlaku mulai 1 Januari 2012.

Dalam Pasal 3 PP No. 18 Tahun 2012 disebutkan, bahwa bagi penerima pensiunan PNS dan janda/dudanya yang dipensiunkan setelah berlakunya PP No. 15/2012 tentang Penetapan Gaji PNS, maka pensiun pokoknya ditetapkan sbb :

  1. Pensiun PNS yang hasil perhitungan pokoknya sebagaimana tersebut dalam lajur 2, ditetapkan menjadi sebagaimana dalam lajur 3 Daftar I-A sampai dengan Daftar I-Q lampiran PP No. 18 Tahun 2012;
  2. Pensiun janda/duda PNS yang hasil perhitungan pokoknya sebagaimana tersebut dalam lajur 2, ditetapkan menjadi sebagaimana tersebut dalam lajur 3 Daftar II-A sampai dengan II-Q lampiran PP No. 18/2012;
  3. Pensiun janda/duda dari PNS yang tewas setelah hasil perhitungan pensiun pokoknya sebagaimana tersebut dalam lajur 2, ditetapkan menjadi sebagaimana tersebut dalam lajur 3 Daftar III-A sampai dengan Daftar III-Q lampiran III PP ini; dan
  4. Pensiun yang diberikan kepada orang tua dari PNS yang tewas uang hasil perhitungan pensiun pokoknya sebagaimana tersebut dalam lajur 2, ditetapkan menjadi sebagaimana dalam lajur 3 Daftar IV-A sampai dengan Daftar IV-Q lampiran IV PP No. 18 Tahun 2012 ini.

Bagi PNS yang dipensiunkan tanggal 1 Januari 2012 dan sebelum tanggal 1 Januari 2012, pensiun  pokoknya disesuaikan sebagaimana tersebut dalam lajur 3 segaris dengan pensiun pokok lama sebagaimana tersebut dalam lajur 2 Daftar VI-A sampai dengan Daftar VI-Q lampiran VI PP No. 18/2012 ini.

PP ini juga menyebutkan, bagi pensiunan PNS, pensiunan janda /duda PNS, pensiun yang diberikan kepada anak, bagian pensiun janda /anak dan pensiun yang diberikan kepada orang tua uamh dipensiunkan sebelum tanggal 1 Juli 2001 namun setelah pensiun pokoknya disesuaikan tidak mengalami kenaikan atau mengalami penurunan penghasilan (Desember 2011), kepadanya diberikan tambahan penghasilan sebesar jumlah penurunan penghasilan ditambah dengan 7% (tujuh persen) dari penghasilan. Sedang yang mengalami kenaikan penghasilan kurang 7% (tujuh persen) dari penghasilan, kepadanya diberikan penghasilan sehingga kenaikan penghasilannya menjadi sebesar 7% (tujuh Persen).

“Pemberian tambahan penghasilan mulai berlaku tanggal 1 Januari 2012,” bunyi Pasal 3 Ayat 4 PP No. 18 Tahun 2012 ini.

Pasal 5 PP Ini juga menegaskan, bahwa selain pensiun pokok kepada penerima pensiun diberikan tunjangan keluarga dan tunjangan pangan yang berlaku bagi PNS sesuai dengan ketentan perundang-undangan.

TNI dan Polri

Subtansi dari PP No. 18/2012 tentang Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan PNS dan Janda /Dudanya itu sama dengan PP No. 19 Tahun 2012 tentang Penetapan Pensiuan Pokok Purnawirawan, Warakawuri /Duda, Tunjangan Anak Yatim/Piatu, Anak Yatim Piatu, dan Tunjangan Orang Tua Anggota TNI, serta PP No. 20 Tahun 2012 tentang hal yang sama dari lingkungan Polri.

Hanya saja baik PP No. 19 Tahun 2012 maupun PP No. 20 Tahun 2012 lebih sederhana, karena kedua PP ini hanya menyebutkan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Januari 2012, pensiun pokok purnawirawan, warakawuri /duda, tunjangan anak yatim /piatu, anak yatim piatu, dan tunjangan orang tua anggota TNI /Polri ditetapkan sebagaimana dalam Lampiran I, II, III, IV, dan V PP No. 19 Tahun 2012 dan PP No. 20 Tahun 2012

About these ads

Satu Tanggapan to “Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan PNS, TNI dan Polri 2012”


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.495 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: