Hasil Ujian UKG Online 2012


Hasil Ujian UKG Online 2012

Ujian kompetensi guru yang diselenggarakan Kemendikbud untuk melakukan pemetaan kompetensi guru agar kualitasnya meningkat di gelar serentak di Indonesia, mulai tanggal 30 Juli 2012 hingga 7 Agustus 2012. Jumlah peserta uji kompentensi guru (UKG) 2012 secara nasional diikuti sebanyak 1.006.211 guru. Sebanyak 985.409 guru mengikuti UKG secara online di 448 kabupaten/kota dan 20.802 guru ikut UKG manual atau secara tertulis di 49 kabupaten.

UKG memiliki tujuan memetakan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. UKG online tahun 2012 yang diikuti oleh seluruh guru yang sudah mendapat sertifikat ini guru akan mengerjakan maksimal 100 soal dengan waktu 120 menit. Komposisi instrumen materi tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional.

Hasil ujian UKG online 2012 secara langsung dapat diketahui oleh guru yang mengikuti ujian pada saat submit ujian atau akan dikirimkan melalui surat. Pada saat terakhir tahapan pelaksanaan ujian UKG online atau menyelesaikan ujian, software UGK online akan memberikan informasi standar kelulusan, nilai pedagogik dan nilai profesional yang diperoleh peserta ujian.

Hasil ujian secara regional atau nasional UKG online dapat diketahui setelah tempat UKG mengupload hasil ujiannya kepada server pusat ujian online Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK PMP).

Standar kelulusan uji kompetensi gurutahun 2012 ini yang sudah ditetapkan adalah adalah 70. Jika ada hasil UKG masih dibawah standar, misalnya nilainya 60, maka guru tersebut wajib mengikuti pembinaan untuk meningkatkan kompetensinya agar hasilnya di atas rata-rata. Kemendikbud akan menyusun program pembinaan bagi guru mulai tahun depan (2013). Semua anggaran pembinaan guru berasal dari pemerintah pusat sebagai pengembangan profesi berkelanjutan.

About these ads

14 Tanggapan to “Hasil Ujian UKG Online 2012”

  1. Drs. samsul Huda Says:

    ada beberapa soal ukg ipa smp yang tidak dapat diakses, tiap orang berbeda jumlahnya. milik saya sekitar 10 -12 soal tidak dapat diakses gambarnya sehingga tidak dapat menjawab dengan pasti. Kalau bisa mohon diulang, khususnya untuk hari pertama.

    • Suyanta Says:

      betul pak….bahkan….di soal punya saya sudah tak laporin ke pengawas ruang dari LPMP..n ada di berita acara,,……

  2. endang ridwan Says:

    saya tugas di smp ternyata waktu ukg menffunakan soal sma apakah ada soal ukg bahasa inggris untuk smp?

  3. sri hastuti Says:

    SOAL IPA DI PUKUL RATA ANTARA GURU BIOLOGI DAN FISIKA SEMENTARA LATAR BELAKANG PROPESIONAL BERBEDA, APALAGI GAMBAR TDK JELAS

    • susilaningtyas Says:

      Sama juga mbak, guru IPA SMP tidak ada yang berlatar belakang sarjana IPA,tetapi dari sarjana BIOLOGi,Fisika bahkan dari Kimia,dharuskan menguasai semuanya

  4. SRI YUNIATI Says:

    SAYA, GURU MUATAN LOKAL , EH.WAKTU UJIAN ..SOALNYA BIMBINGAN KONSELING…..!!

  5. syofnita Says:

    Ada soal yang tak ada jawabannya gimana nih? kan guru yang rugi .

  6. ananda Says:

    sebanyak 21 soal yg disajikan tidak lengkap,ada soal jawabannya nggak muncul,begitu juga sebaliknya sehingga kami menjawabnya pakai pencet aja gimana dong kami yg rugi,belum kendala teknis dilapangan baru menjawab soal no.64 tiba2 komputernya error dan kami harus menunggu 2 jam untuk mengulang sangat merugikan kami…..

  7. ahmad jaelani,spd Says:

    soal UKG bahasa inggris SMP ditemui banyak soal tidak esuai standart penulisan soal ; misalnya makna kata yang digaris bawahi disana tidak ada kata yang digaris bawahi, dalam text tidak ada pemisahan paragrap ditanyakan main idea,informasi tersurat dsb. ,paragraph 3 misalnya. dan masih banyak kejanggalan 2 lain yang tentu belum dapat sebagai acuan pemetaan kompetensi guru . guru lagi yang dirugikan , mohon untuk diulang lagi setelah soal ukg benar2 sahih. terimakasih. pemerhati pendidikan

  8. Pier Van Bal Says:

    Hasil UKG Online tidak dapat dijadikan sebagai bahan pemetaan guru karena panitia penyelenggara terkesan tidak siap. Buktinya banyak soal yang kocar kacir

  9. riyadi Says:

    ya itung-itung buat pengalaman hidup, ngerjakan soal balapan sama waktu. soal ga dicermati, takut waktu habis, ya…..

  10. Ida Says:

    soal ukg matematika smp gelombang dua beberapa soal tidak ada jawabannya kami sangat dirugikan , karena waktu yang digunakan untuk menghitung hilang sia2 karena tidak ada pilihan jawaban yang betul dan mohon soalnya diperbaiki lagi

  11. paska ginting Says:

    Nampaknya teman2 guru yang memberi komentar adalah yang tidak lulus UKG (maaf kalau salah).
    Izinkan saya memberikani advis untuk teman2 yg akan mengikuti tes UKG sbb:
    1. Persiapkan mental anda sebelum mengikuti tes (ini sangat peting)
    2. Berikan salam kepada pengawas untuk menghilangkan rasa gugup.
    3. Bacalah soal dengan teliti sebelum anda mengentry pilihan jawaban.
    4. Jangan terpaku pada satu soal karena waktu sangat terbatas.
    5. Segera lewati soal yang anda tidak tahu/meragukan jawabannya, tetapi jangan lupa mencatat nomor2 soal yang anda lewati sehingga jika anda masih punya sisa wakut, soal2 yang belum terjawab dapat dengan cepat dilacak kembali.

    Dengan menerapkan poin2 diatas saya berhasil lulus tes UKG dengan skor 80 (25 paed + 55 prof))
    Majulah pendidikan Indonesia)


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.495 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: