Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013


Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013

A. Persyaratan Peserta

  1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
  3. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan :
    • bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
    • bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
  4. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
  5. Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
  6. Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
  7. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
  8. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila :
    • pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
    • mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat)

B. Urutan Rangking Calon Peserta

Daftar calon peserta sertifikasi guru yang ditampilkan sesuai dengan data yang tersimpan dalam data NUPTK yang telah diperbaiki sampai dengan tanggal 1 Desember 2011 dan diurutkan berdasar kriteria berturut turut :

  1. Usia.Usia dihitung berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yang tercantum dalam akta kelahiran atau bukti lain yang sah.
  2. Masa Kerja.Masa kerja dihitung sejak yang bersangkutan bekerja sebagai guru baik sebagai PNS maupun bukan PNS.
  3. GolonganPangkat/golongan adalah pangkat/golongan terakhir yang dimiliki guru saat dicalonkan sebagai peserta sertifikasi guru. Kriteria ini adalah khusus untuk guru PNS atau guru bukan PNS yang telah memiliki SK Inpassing.

C. Prioritas Mengisi Kuota

Guru yang dapat langsung masuk mengisi kuota sertifikasi guru adalah sebagai berikut :

  • Semua guru yang diangkat dalam jabatan pengawas yang memenuhi persyaratan dan belum memiliki sertifikat pendidik.
  • Guru dan kepala sekolah berprestasi peringkat 1 tingkat provinsi atau peringkat 1, 2, dan 3 tingkat nasional, atau guru yang mendapat penghargaan internasional yang belum mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan pada tahun 2007 s.d 2011.
  • Semua guru yang mengajar di daerah perbatasan, terdepan, terluar yang memenuhi persyaratan.

Daftar daerah di daerah perbatasan, terdepan, terluar

Beberapa aktifitas yang harus dilakukan :

Guru

  1. Cek dalam daftar calon peserta menggunakan tombol pencarian dengan memasukkan NUPTK
  2. Jika nama Anda termasuk dalam daftar calon peserta segera hubungi dinas pendidikan setempat untuk mendapatkan Format A0
  3. Mengoreksi dan memperbaiki data pada Format A0 (data ini tidak boleh salah karena kemudian akan digunakan sebagai acuan untuk sertifikat pendidik)Data yang dikoreksi adalah nama lengkap harus sesuai dengan dokumen lainnya (ijasah atau SK PNS); golongan (bagi PNS); tempat dan tanggal lahir; ijasah, tahun lulus, dan nama perguruan tinggi; nama sekolah tempat mengajar. Dokumen yang dijadikan acuan verifikasi nama dan tempat tanggal lahir peserta bagi guru PNS adalah SK PNS, sedangkan bagi guru bukan PNS adalah ijasah terakhir dari perguruan tinggi.
  4. Mengisi pola sertifikasi yang dipilih.
    • Pola portofolio bagi guru yang memiliki dan memenuhi skor minimal portofolio (kuota maksimal 1%).
    • Pola PLPG bagi guru yang tidak memenuhi skor minimal portofolio.
    • Pola pemberian sertifikat secara langsung (PSPL) bagi guru yang telah memenuhi syarat PSPL.
  5. Menetapkan bidang studi yang akan disertifikasiBidang studi tersebut harus ditetapkan sendiri oleh guru yang bersangkutan sesuai dengan kompetensi yang dikuasainya. Harus disadari oleh guru bahwa bidang studi ini akan terus melekat dalam tugas mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru selama guru tersebut mengajar. Dengan kata lain, guru harus konsisten dengan pilihannya secara profesional karena guru harus mengajarkan bidang studi atau mata pelajaran tersebut selama bertugas sebagai guru.

    Penetapan bidang studi sertifikasi mengikuti ketentuan sebagai berikut :

    • sesuai dengan program studi S-1 (linier),
    • apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1, dapat menggunakan program studi D-III,
    • apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi yang serumpun dengan program studi S-1 dan D-III,
    • apabila tidak sesuai (tidak linier) dengan program studi S-1 dan program studi D-III, guru dapat menetapkan bidang studi sertifikasi sesuai dengan mata pelajaran, rumpun mata pelajaran, atau satuan pendidikan yang diampunya, dan harus memiliki masa kerja minimal sudah 5 tahun berturut-turut mengajar mata pelajaran tersebut.
  6. Mengumpulkan berkas/dokumen/portofolio ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

    Dokumen yang harus dikumpulkan untuk Pola PSPL

    Untuk guru yang berkualifikasi akademik S-2/S-3 dan sekurang-kurangnya golongan IV/b.

    1. Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.
    2. Fotokopi ijazah S-1/D-IV, fotokopi ijazah dan transkrip nilai S-2 dan/atau S-3 yang telah dilegalisasi (kecuali Ijazah S-3 by research). Ijazah dari perguruan tinggi negeri dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan, untuk ijazah dari perguruan tinggi swasta dilegalisasi oleh kopertis wilayah perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah, dan untuk ijazah dari luar negeri dilampiri fotokopi surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
    3. Fotokopi tugas belajar/izin belajar atau surat keterangan tugas belajar dari pejabat berwenang yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
    4. Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir (minimal IV/b) yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
    5. Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
    6. Surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota atau dinas pendidikan provinsi untuk guru PLB.
    7. Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).

    Untuk Guru yang memiliki golongan serendah-rendahnya IV/c

    1. Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.
    2. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi. Fotokopi ijazah dari perguruan tinggi dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan, fotokopi ijazah dari perguruan tinggi swasta yang sudah tidak beroperasi dilegalisasi oleh kopertis, dan fotokopi ijazah dari luar negeri dilampiri fotokopi surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Ijazah SLTA dilegalisasi oleh sekolah yang mengeluarkan ijazah.
    3. Fotokopi SK pangkat/golongan IV/c yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
    4. Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
    5. Surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota atau dinas provinsi khusus untuk guru PLB.
    6. Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).

    Pola PF mengumpulkan Portofolio

    Peserta pola PF menyusun portofolio sebanyak dua rangkap sesuai urutan sebagai berikut.

    1. Halaman sampul disisipkan Format A1
    2. Daftar isi
    3. Instrumen portofolio, yang meliputi: (a) identitas peserta dan pengesahan, dan (b) komponen portofolio yang telah diisi.
    4. Bukti fisik atau portofolio meliputi komponen sebagai berikut.
      • Kualifikasi Akademik
      • Pendidikan dan Pelatihan
      • Pengalaman Mengajar
      • Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
      • Penilaian dari Atasan dan Pengawas
      • Prestasi Akademik
      • Karya Pengembangan Profesi
      • Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah
      • Pengalaman Menjadi Pengurus Organisasi di Bidang Kependidikan dan Sosial
      • Penghargaan yang Relevan dengan Bidang Pendidikan
    5. Dilengkapi dengan pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).

    Penjelasan lengkap tentang portofolio dapat dilihat pada Buku 3.

    Peserta PLPG Mengumpulkan Berkas

    Peserta yang memilih pola PLPG secara langsung harus menyerahkan berkas sebagai berikut.

    1. Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.
    2. Fotokopi Ijazah S-1 atau D-IV, serta Ijazah S-2 dan atau S-3 (bagi yang memiliki) dan disahkan oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan,
    3. Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung (bagi PNS)
    4. Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru sampai dengan SK terakhir yang disahkan oleh pejabat terkait,
    5. Fotokopi SK mengajar dari Kepala Sekolah yang disahkan oleh atasan, dan
    6. Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3×4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).
  7. Memantau proses penetapan peserta melalui website http://www.sergur.pusbangprodik.org
  8. Menerima Format A1 berisi nomor peserta sebagai bukti terdaftar sebagai peserta sertifikasi guru
  9. Mencari informasi tentang pelaksanaan uji kompetensi awal (bagi peserta PLPG) ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing


Berikut Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013

Silahkan lihat  DISINI

 

Sumber : http://sergur.kemdiknas.go.id

About these ads

48 Tanggapan to “Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013”

  1. 15juli Says:

    mohon di cek Ijazah calon peserta karna diduga ada ijazah dari kuliah kelas jauh

    • nana Says:

      kurang kerjaan,,,,emang kalo ijazahnya kuliah kelas jauh g d terima gitu???????dodol amat ni orang

  2. 15juli Says:

    ada guru honor dilampung dengan ijazah terakhir SLTA sejak tahun 2001
    kini mendapat gelar S -1 dari perguruan tinggi jawa, pertanyaanya kapan ia kuliah dengan jarak tempuh yang jauh… HARAPAN AGAR DIKNAS dan MAPENDA KOREKSI SAAT PENDAFTARAN PNS/SERTIFIKASI

    • akiporwo Says:

      NAMA SAYA H.BUDI SANTOSO
      ALAMAT BANJARMASIN KALTIM
      TERIMA KASIH AKI PORWO KARNA ANGKA JITU 4D AKI SAYA SUDAH
      MELUNASI UTAN-UTAN SAYA DAN SEKARANG SAYA BISA BUKA USAHA SORUM JIKA ADA YANG MAU ADU KEBERUNTUNGAN KAYAK SAYA HUBUNGI AKI PORWO DI NO 0852 9838 5337 DIJAMIN 100% TEMBUS.SILAHKAN DICOBA ATAU KLIK ASLI http://ankaritualgaib.wordpress.com

  3. Endang Lesmana Says:

    Ass…, Pak maaf kenapa yah guru honorer yang di SMP Negeri 3 Rancaekek tidak ada satupun yang masuk daftar sertifikasi guru tahun 2013

  4. Mama Lho akanslalu samantha Says:

    Bang, sebenarnya siapa sih yg punya wewenang pelulusan sergur itu,
    Apakah UPTD Kec. punya wewenang utk memblaclis peserta, trims

  5. henri Says:

    tolong ya pak atas nama henri saputra srg kota sidimpuan kok nnda pernah di panggil padahal saya sudah memenuhi syarat selalu di geser geser orang

  6. onani123 Says:

    lo saya sering melapor justru jawabannya nda jelas kebanyakan info nya diam2 orng2 tertentu yg ada chanel yg bs bertanya kyak bisnis aja program ini

  7. Fitrianingsih (085746541220) Says:

    assalamu’alaikum pak… saya bingung pak, Kenapa saya kok belum di panggil panggil untuk Sertifikasi di naungan KEMENAG SURABAYA/MAPENDASURABAYA…????, kan saya sudah memenuhi syaratnya, bahkan sudah Lengkap.!! padahal dari hasil sertifikasi itu tujuan saya untuk meningkatkan “POTENSI BELAJAR & MENGAJAR”, kenapa ya pak,?? saya juga sering cari infonya dan bertanya di Mapenda..!!! trus caranya biar dipanggil sertifikasi gimana ya pak,,??? MOHON DI BALAS. sebelumnya TERIMAKASIH banyak

  8. Muhammad tahir Says:

    saya minta bantuan pak atas nama muhamad tahir MTS YASMIN DOREBARA DOMPU NTB

  9. maryuni Says:

    saya sudah pns tapi nama saya kok tidak ada di daftar calon peserta sertifikasi guru 2013saya harus ngurus kemana

  10. yanto Says:

    syarat-syarat sertifikasi sebagai berikut :
    a. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang memiliki izin penyelenggaraan.
    b. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila sudah :
    1) pada 31 Desember 2013 mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 Tahun sebagai guru, atau.
    2) Mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a.
    3) Sudah menjadi guru pada suatu satuan pendidikan (PNS atau bukan PNS) pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan Dosen ditetapkan tanggal 30 Desember 2005.
    4) Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai (guru tetap Yayasan) sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK dari Bupati/Walikota.

  11. desy Says:

    assalamualailum wr.wb……pak apa dengan ijazah SLTA , masa kerja 20 tahun dan usia diatas 50 tahun, bisa sertifikasi ?

  12. brandong Says:

    pak mau tanya ,di desa kami tepatnya di lereng semeru,desa mulyoasri kecamatan ampelgading kabupaten malang,beliau mengabdikan sebagai guru taman kanak2 kurang lebah 40 tahun pak,apakah beliau nggak bisa ikut sertifikasi pak…?kami mohon dengan bpk/ibu yang terkait,guru2 yang masa kerjanya di atas 40 thn di ikutkan sertifikasi,kasian beliau2 ini pak,apalagi beliau2 ini seorang guru taman kanak2,mhn penjelasan dan pencerahan …?

  13. masliah S.Pd Says:

    bisa g sertifikat dr depag d pergunakn d dinas pd kabupaten yg berbeda tp mapelnya dn jenjang pndidikn,a sama.kw bisa bagaimana carany?soalnya saya sudah punya sertifikat th 2008.mhn d bls

  14. hendra kusuma Says:

    pa kenapa sih guru wb di sekolah negeri tidak bisa ikut sertifikasi , knp yang udah kesejahteraannya tinggi masih ditambah pula , padahal kami GWB hanya mendapat penghasilan >-500 rbu perbln, kami juga mengajar sbagai guru kelas ,sama kewajiban2nya bahkan lebih x,tapi hak2 kmi kok ngak sepadam ya , kayaknya mau menangis hati ini sdh bbrp thun bahkan puluhan thn kami mengabdi ,, knp pak Girsang …. gmn Nasib Kmi ini….

  15. anniz Says:

    daftar namanya mana yg udah lulus pak?

  16. siti icha aisyah Says:

    mana daftar balon pserta sergur tahun 2013 pak, mohon infonya

  17. Wa Wa Says:

    Kalo tak liat dari sekian daftar nama peserta, kok bisa ijasah SMA bisa punya SK Guru.

  18. akiporwo Says:

    NAMA SAYA H.BUDI SANTOSO
    ALAMAT BANJARMASIN KALTIM
    TERIMA KASIH AKI PORWO KARNA ANGKA JITU 4D AKI SAYA SUDAH
    MELUNASI UTAN-UTAN SAYA DAN SEKARANG SAYA BISA BUKA USAHA SORUM JIKA ADA YANG MAU ADU KEBERUNTUNGAN KAYAK SAYA HUBUNGI AKI PORWO DI NO 0852 9838 5337 DIJAMIN 100% TEMBUS.SILAHKAN DICOBA ATAU KLIK ASLI http://ankaritualgaib.wordpress.com

  19. gagahkan peraturan Says:

    salah satu syarat untuk ikut sertifikasi untuk guru non pns di sekolah negeri adalah (di poin A.4) : memiliki SK Pengangkatan dari Kepala Daerah atau Bupati / Walikota. yang menjadi permasalahan adalah, banyak sekali Guru Non PNS dari sekolah negeri yang sama sekali tidak memiliki SK Bupati, disebabkan Kepala daerah masing masing Kabupaten tidak berani menerbitkan SK Kepala Daerah. disamping itu, Kepala daerah juga tidak punya dasar hukum untuk menerbitkan SK tersebut. jadi kesimpulannya, selama disyaratkan menggunakan SK Kepala daerah, maka guru non PNS di sekolah negeri selalu terhalang untuk mengikuti pendataan sertifikasi. mudahan kebijakan A.1 bisa dirubah hanya menggunakan SK Kepala Sekolah untuk guru non PNS di sekolah negeri

  20. henri Says:

    PAK TOLONG YA DICEK APA NAMA HENRI SAPUTRA SRG AKAN DIPANGGIL SEBAGAI CALON SERTIFIKASI TAHUN INI SOALNYA KAMI PAYAH MENGETAHUI INFO DARI DINAS PENDIDIKAN SELALU8 SIBUK PADAHAL SAYA SUDAH LAMA MASUK DATA BASE
    APA ADA KESALAHAN DATA DI PUSAT SAYA GURU HONOR PAK NUPTK SAYA SUDAH ADA SEMUA SYARAT MUDAH2AN MEMENUHI TOLONG YA PAK


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.497 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: