Kurikulum 2013 – TIK SMP Dihilangkan


Kurikulum 2013 – TIK SMP Dihilangkan
Desas desus adanya perubahan kurikulum untuk tahun pelajaran 2013/2014 terjawab sudah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan hasil pembahasan tentang kurikulum baru.

Pada jenjang SMP menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh untuk pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dihilangkan. TIK diintegrasikan di semua mata pelajaran, sehingga tidak ada pelajaran khusus untuk TIK.
Berikut berita yang dikutip dari kompas.com tertanggal 14 November 2012:
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

“Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik,” kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

“Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain,” jelas Nuh.

Rencananya, pihaknya akan mendorong agar tiap sekolah dilengkapi dengan perangkat komputer dan sambungan internet sehingga memudahkan anak-anak dalam menerapkan TIK yang menjadi media dalam tiap mata pelajaran.

“Seharusnya seperti itu. Komputer paling tidak tiap sekolah harus punya untuk anak didiknya,” ungkap Nuh.

Meski sarana pembelajarannya ditekankan dengan TIK, pendekatan yang dilakukan pada tingkatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan pada pendidikan dasar. Sains tetap menjadi penggerak dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain.

Kendati demikian, IPA dan IPS telah muncul sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Begitu pula dengan bahasa Inggris yang mulai diajarkan untuk membentuk ketrampilan bahasa dan masuk dalam struktur kurikulum baru sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Dengan perubahan kurikulum ini, 12 mata pelajaran yang dulu diajarkan pada tingkat SMP menjadi berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya.

Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pada jenjang sekolah ini juga sedikit mengalami perubahan. Hasil karya atau portofolio anak-anak ini akan dijadikan instrumen untuk penilaian juga.

“Ini untuk mendorong agar anak-anak bisa kreatif. Karena itu ada mata pelajaran Prakarya dalam kurikulum baru ini,” tandasnya

About these ads

37 Tanggapan to “Kurikulum 2013 – TIK SMP Dihilangkan”

  1. hartono Says:

    apakah materi TIK identik degan imternet ? Pak menteri seklah lagi aja biar tahu materi TIK apa saja! heehee

  2. taufiq Says:

    pak mentri cb lht sklh di pelososk, d sklh sy br 20% siswa yg melek it, yg 80% msh gaptek, tdk pernah megang mouse dan keyboard. fasilitas jg sgt minim, kl dhapus nanti yg gaptek tambah bnyk siswanya. mkn siswa hanya penikmat slide2 dr guru2 mapel, tanpa bs mempraktekkan dan membuat karya2 dgn memanfaatkan it. tlng d jwb!

  3. Beni Supardi Says:

    ITUSALAHLAH KALAU KEBIJAKAN SALAH KAPRAH ARTINYA KEBIJAKAN BIAR SALAH TAPI UDAH BIASA, SEHINGGA TIDAK MEMANDANG DARI SISI LAIN DUNIA PENDIDIKAN, BAGAIMANA SISWA MAMPU MENGENAL TIK KALAU SARANA TIDAK ADA, KALAUPUN SARANA ADA TAPI BAGAI MANA DENGAN SDM NYA KALU TIDAK ADA ILMU TIK YANG DIPELAJARINYA LEBIH-LEBIH DARI SISI GURU TIK KARENA MATA PELAJARAN TIK DIHAPUS MAKA AKAN BANYAK GURU TIK YANG KEHILANGAN JAM MENGAJAR ALIAS JADI PENGANGGURAN, APA TIDAK PERNAHKAN TERLINTAS DALAM FIKIRAN PAK MENTRI HAL-HAL TERSEBUT AKAN TIMBUL AKIBAT DARI GANTI KURIKULUM DAN MENGHAPUS BIANG STUDI. KASIHAN NEGERI INI KALU PEMERINTAHAN DIISI OLEH PEJABAT YANG ORANGNYA TIDAK PEKA TERHADAP REALITA SOSIAL. MEMANG BEGITULAH KALAU MENGANDALKAN INTELEK SEMATA MESKIPUN PROF. DR. TITELNYA. TAI TIDAK PERNAH PUNYA HATI DALAM MEMPERHATIKAN RAKYATNYA. KASIHAN INDONESIAKU.

  4. astawa Says:

    Saya tidak setuju TIK dihilangkan, karena sekolah yang dikampung tidak sama dengan di kota maka TIK perlu diajarkan dari dasar

  5. Far Away Says:

    Hasyem..~
    giliran gua udah lengket sama TIK, TIK mau dihapus..
    Hadeeeh.. -,-

  6. tantan Says:

    TIK dihilangkan ? Guru-guru mata pelajaran saja sudah GAPTEK bagaimana TIK mo dihilangkan, harusnya sebelum tahun pelajaran baru di adakan dulu pelatihan untuk para guru, baru di relisasikan untuk di integrasikan ke semua mata pelajaran. mau tau bukti nyata guru GAPTEK tengok saja ketika UKG online.

  7. kang paijo Says:

    pak mentri yang terhormat ….gimana nasib dari kami2 siswa kelas 2 smp kl dihilangkan,….padahal kami berharap bisa untuk cari pekerjaan dikemudian hari????? eling pak usia anda kan sudah tua….kenapa g tambah sadar2 to pak proff, apa gara2 cari ganti proyek RSBI yg pd hilang hix2s kasihan mentri kt yang satu ini…..mf kurang cerdas sekali,….gelarnya nembak kali ya pak?

  8. raden priyanto Says:

    pak menteri tengok ke daerah kalimantan. banyak yg belum ada listrik, banyak guru bahkan pengawasnya masih gaptek, justru mapel TIK kalau bisa ditambah jamnya,agar lebih meguasaiTIK, baru saja guru mau belajar mencoba mengajar pakai LCD, itu perkembangan yg bagus, bagaimana peningkatan yg signifikan ini mau dihentikan????


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.496 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: