Kurikulum SMP 2013


Kurikulum SMP 2013

Draft Struktur Kurikulum 2013 SMP

Kurikulum 2013 SMP

PENJELASAN :

Kurikulum yang saat ini berlaku adalah seperti yang terlihat di sebelah kiri, sedangkan usulan struktur kurikulum baru di sebelah kanan. Kurikulum yang sekarang berlaku terdiri dari komponen Mata pelajaran, Komponen Muatan Lokal dan Komponen Pengembangan Diri. Komponen mata pelajaran terdiri atas 10 mata pelajaran. Jumlah jam pelajaran kelas 7 s/d 9 adalah 32, 32 dan 32. Usulan struktur kurikulum baru terdiri atas kelompok A yang terdiri dari 7 mata pelajaran dan kelompok B yang terdiri dari 3 mata pelajaran. Muatan Lokal diintegrasikan dalam kelompok B. Jumlah jam pelajaran di tiap kelas bertambah masing-masing sebanyak 6 jam pelajaran per minggu sehingga menjadi 38 jam. 

DOWNLOAD DRAFT RESMI KURIKULUM 2013

DAFTAR MATA PELAJARAN SMP KURIKULUM 2013

Usulan Rancangan Struktur Kurikulum SMP

No Komponen Rancangan
1 Sama dengan SD, akan disusun berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki peserta didik SMP dalam ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan
2 Menggunakan mata pelajaran sebagai sumber kompetensi dan substansi pelajaran
3 Menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran [mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, mencipta] semua mata pelajaran
5 Meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 12  dapat dikurangai menjadi 10 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:

-       TIK menjadi sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran, tidak berdiri sendiri

-       Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya, Prakarya dan Budidaya

-       Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran

6 IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan

integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya

sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir,

kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pembangunan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial.

7 Bahasa Inggris diajarkan untuk membentuk keterampilan berbahasa
8 Menambah 6 jam pelajaran per minggu sebagai akibat dari perubahan pendekatan proses pembelajaran dan proses penilaian

Struktur Kurikulum Sekarang

KOMPONEN ALOKASI WAKTU MINIMAL PER MINGGU [JP]
VII VIII IX
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama 2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4
4. Matematika 4 4 4
5 Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
6 Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
7 Bahasa Inggris 4 4 4
8 Seni Budaya 2 2 2
9 Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan 2 2 2
10 Keterampilan/Teknologi Informasi & Komunikasi 2 2 2
B. Muatan Lokal 2 2 2
C. Pengembangan Diri 2* 2* 2*
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 32 32 32

Usulan Struktur Kurikulum Baru

MATA PELAJARAN ALOKASI WAKTU

PER MINGGU [JP]

VII VIII IX
Kelompok A
1. Pendidikan Agama 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 3 3
3. Bahasa Indonesia 5 5 5
4. Matematika 5 5 5
5. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
6. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
7. Bahasa Inggris 4 4 4
Kelompok B
1. Seni Budaya (termasuk muatan lokal) 3 3 3
2. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

(termasuk muatan lokal)

3 3 3
3.  Prakarya  (termasuk muatan lokal) 4 4 4
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 38 38 38

DOWNLOAD DRAFT RESMI KURIKULUM 2013

Sumber :http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id/

66 Tanggapan to “Kurikulum SMP 2013”

  1. G. Mudana Says:

    Yang enjoy .sj

  2. anda Says:

    pasrah aja sama yang buat peraturan,,,nanti-nanti juga ganti,,ganti yang pegang ganti aturan…

    • Dest Saragih Says:

      kalau dijurnal, berapa yah jumlah guru yang jadi pengangguran?
      kalau masalah pendidikan karakter yang dioptimalkan, benarkah seluruh elemen juga menerapkannya?
      karakter jadi hekter

  3. John Hunter Says:

    yang bener aja pak mentri, sudah bagus ada pelajaran TIK yg berdiri sendiri, tak mungkin anak bisa jadi mahir komputer kalau kalau disatukan dgn semua mata pelajaran, karena kapan pula guru IPS misalnya bisa mengajarkan TIK ?Target kurikulum IPS aja terkadang tak tercapai. demikian juga dengan mata pelajaranlainnya. Menurut saya yg perlu dirobah adalah jgn ada lagi mata pelajaran IPA terpadau dan IPS terpadu, karena mata pelajaaran ini multi tafsir. Ada yg berpendapat Yg mengajar IPA harus satu orang , demikian juga IPS. Pada hal perlu bapak pelajari kembali bahwa guru Geografi tak faham mata pelajaran Ekonomi. Guru Fisika tak menguasai materi Biologi. Jadi buatlah yg rinci sederhana yg tak menyulitkan kami yg dibawah ini bapak ! Misalnya Fisika 2,Biologi 2, geografi 2, ekonomi 2, TIK 2 dan seterusnya. Saya kalau dibuat seperti itu kami tidak sulit memahami dan melaksanakannya. Kalau mau mengadakan perobahan ya jgn bajunya pak, tapi kontennya, muatannya, isinya, materinya yg katanya disesuaikan dgn perkembangan dan perobahan zaman. Jangan asal-asalanlah pak. Contoh , dulu SMA dirobah jadi SMU , eh dirobah lagi jadi SMA. SMP dirobah jadi SLTP, eh dirobah lagi jadi SMP. EBTANAS dirobah jadi UAN dirobah lagi jai UN. EBTA dirobah jadi UAS kemudian jadi US.Padahal semua itu substansinya sama, hanya berob ah namanya saja.dan yg lain lagi. Ini namanya kan perobahan asal-asalan. Mohon ini jadi perhatian….!

    • dicky Says:

      Betul…… asal bikin perobahan, tapi tidak memikirkan pelaksanaannya di bawah…… terobosan yang tambah membingungkan

    • H.Gunawan Says:

      Perobahan atau perubahan? belajar EYD dulu yang benar baru komentar

    • melly Says:

      Betul…….sekali…guru-guru saja masih banyak yang ngak bisa komputer…eh diberi tanggung jawab ngajar tik….bagaimana tu….susah kalau perubahan hanya sepotong-sepotong…..kasian murid yang menjadi objek…..

    • Zabier Tirta Says:

      Ada pelajaran TIK aja anak belum sepenuhnya menguasai komputer, apalagi disatukan dgn pelajaran lain. weleh-weleh!!!!

  4. upunk Says:

    hadoh….ganti pemimpin ganti jg aturan…
    podoh hulu we….

  5. sunarno2010 Says:

    benarkah TIK bisa diterapkan pada semua mata pelajaran, semua tempat serta semua situasi sekolah? saya sangat ragu akan hal ini

  6. Bagaskara Says:

    Mudah-mudahan aja ini yg terbaik bagi siswa dan juga guru! Kita ikuti aja peraturan-peraturan yg dibuat mungkin aja nanti diganti-ganti lagi..!

  7. dudu dewalata Says:

    mampus aja kami guru ini, pak mentri

  8. cahjambon100 Says:

    jangan kaget ganti menteri ganti aturan udah biasa itu…..

  9. Burhan Says:

    Bpk Menteri Yth. mungkin perlu ada “peninjauan kembali” mengenai aturan yang bapak buat. Masalahnya, kami sebagai tenaga pendidik semakin bingung dengan kurikulum baru itu pak,.

  10. Baninah Says:

    Insya Alloh siap mnjalankan walau guru IPS siap mngajar dg aplikasi TIK…siapa takut…Komputer udah biasa d skolah kami hampir smua guru mngajar dg mnggunakan LCD….

  11. Drs.S.Gani Guru SMPN 3 Sumenep Says:

    guru pengajar seni budaya ngak masalah kembali pada SBK (seni budaya dan kerajinan) seperti kurikulum lama,namun jam mengajar 3 jam itu apa dibagi dengan guru yang biasa ngajar muatan lokal jadi 2 jam seni budaya 1 jam muatan lokal atau langsung ditangani 1 guru seni budaya dengan 3 jamnya gimana dengan sertifikasi guru TIK dan muatan lokal dia tidak dapat jam kan ……………

  12. Drs. S. Gani Guru SMPN 3 Sumenep Says:

    bagi guru seni budaya perubahan pada muatan seni budaya diatambah muatan lokal menjadi 3 jam tidak masalah seperti kurikulum lama dikenal dengan SBK (seni budaya dan Keterampilan ) namun 3 jam itu apakah dibagi 2 jam seni budaya dan 1 jam mutan lokal dengan 2 guru atau satu gru seni budaya mengajar prakarya dan seni budaya lalu bagaimana dengan guru TIK dan muatan lokal yang telah tersertifikasi mereka tidak punya jam mengajar dan pada kelompok B tertulis muatan lokal prakarya tersendiri dengan jumlah jam 4 apakah tidak tumpang tindih booooos……..

  13. LUHUR Says:

    JANGAN BERPRASANGKA BURUK TAPI HARUS BERPRASANGKA BAIK DEM9I KEBUTUHAN DAN KEMAJUAN PENDIDIKAN. KATA SATRIA BAJA HITAM : BRUBAH !!! CLING

  14. Feriyenti Says:

    Iya nih untuk Matematika juga, kenapa bukan 6 jam ? berapa kali tatap muka ? Kalau 2 kali tatap muka jadi 2 jam dan 3 jam tiap pertemuan, kalau 3 kali tatap muka jadi ada yang hanya 1 jam tatap muka. Tatap muka 3 jam kelamaan, kalo 1 jam terlalu cepat. Aduh jadi bingung jg nih buat persiapannya.

  15. Rahma Says:

    Apakah masih ada Ujian Nasional? Kalau masih ada apakah mapel ujian nasionalnya masih seperti tahun sekarang?

  16. John Hunter Says:

    kpd Baninah, apakah siswa anda juga sudah pada pakai kompter semuanya ?
    sekolah kami di pedesaan , siswanya tak mampu beli komputr/lap top.

  17. jamz Says:

    ditunggi aja gemana juknisnya, tak perlu ngeluh yang penting tugas guru mendidik jangan hanya mengajar jak

  18. wahyuni anwar Says:

    kasihan guru mapelnya pak mentri, udah belajar materi bidang studinya yang terpadu, belum lagi ditambah belajar ICT untuk diajarkan ke siswanya, kapan waktunya buat mengerjakan yang lain? apalagi klo dia ada tugas tambahan di sekolah……
    mohon dipertimbangkan lagi…..ini cuma saran aja berdasarkan pengalaman selama ini dalam penerapan kurikulum sebelumnya.
    tapi kalo udah jadi keputusan pemerintah….terima nasib ajaaaaaaaaaaa

  19. mang suharna Says:

    Pak apa beda muatannya molok SBK dan PRAKARYA????

    • Bang Girsang Says:

      Mata pelajaran SBK pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.Mata pelajaran SBK ditekankan pada keterampilan vokasional yaitu khusus kerajinan
      tangan sedangkan Mata pelajaran Prakarya merupakan keterampilan Bebas maupun Terikat.

      Prakarya memiliki pengertian Ketrampilan, hastakarya, atau disebut kerajinan tangan, atau keterampilan tangan. Bisa jadi bahan yang digunakan tersedia dipasar, tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas.

  20. Tati Indriani Says:

    Bang girsang kasih infonya dong, gimana nasib guru-guru PNS dan bersertifikasi yang mengajar IPS di SMK, sehubungan IPS di SMK dihapus, lah…kite mau dikemanakan??????????????


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.498 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: