Contoh PTK B. Indonesia Membuat Puisi


Contoh PTK B. Indonesia Membuat Puisi

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMOKRASI  DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI
Adytia Nugraha, 2012
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan modal suatu bangsa untuk maju. Pendidikan yang efektif dan bermutu berpotensi menciptakan individuindividu yang kompeten dan kreatif dalam berbagai bidang. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi pengantar pendidikan nasional, tentunya harus lebih diarahkan dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam berbahasa yang benar dan baik. Kemampuan peserta didik yang dimaksud tesebut mencakup komunikasi baik secara lisan maupun tulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap suatu hasil, antara lain seperti karya sastra Indonesia.  ….

BAB 2
LANDASAN TEORI
Kajian teori sangatlah dibutuhkan dalam suatu penelitian. Hal tersebut bertujuan agar penelitian yang dilakukan mempunyai dasar yang kuat dan bukan sekadar spekulasi. Sugiyono (2011: 52), menjelaskan bahwa “adanya kajian teori ini merupakan ciri bahwa penelitian itu merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data”. Berikut ini teori-teori yang berkaitan dengan penelitian yang akan peneliti lakukan.
2.1 Ihwal Puisi
Puisi merupakan bentuk kesusastraan yang paling tua. Sejak kelahirannya, puisi telah menjelma sebagai suatu karya yang dapat dinikmati melalui penggunaan bahasa yang khas dan indah sebagai medianya. ….

BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian
Penelitian pada dasarnya merupakan suatu kegiatan atau proses untuk mencari jawaban dari suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah. Secara umum metode penelitian dapat didefinisikan sebagai strategi yang digunakan oleh peneliti dalam upaya mengumpulkan data dengan maksud menjawab segala permasalahan yang diteliti guna mencapai tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Arikunto (2010: 9), mendefinisikan bahwa metode eksperimen adalah penelitian yang sengaja membangkitkan suatu kejadian atau keadaan, kemudian diteliti bagaimana akibatnya. Menurut Arikunto, eksperimen selalu dilakukan dengan maksud untuk melihat akibat dari suatu perlakuan.
….

BAB 4
Hasil Penelitian dan Pembahasan
4.1 Deskripsi Proses Kegiatan Penelitian
1) Pertemuan Pertama
Pada pertemuan pertama dengan alokasi waktu 45 menit dilakukan tes awal (pretest) menulis puisi bertema bebas untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum diberi perlakuan. Setelah kegiatan tes awal selesai, maka kegiatan selanjutnya ialah siswa diberikan perlakuan menggunakan Metode Demokrasi (Demonstrasi Kreasi Siswa) dengan alokasi waktu 45 menit. Pada kesempatan ini, siswa diajari bagaimana prosedur atau proses penerapan metode tersebut. Respon siswa pada saat diberi perlakuan cukup antusias. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan interaksi tanya jawab dan memaparkan materi tentang unsur fisik puisi, siswa nampak aktif bertanya dan berkomentar. Selain itu, peneliti juga menghadirkan media video bertema “Ibu”, pada bagian ini siswa nampak tersentuh saat video tersebut diputar. Setelah pemutaran video, siswa dibimbing penuh oleh peniliti mengenai bagaimana cara menuangkan ide atau gagasan ke dalam tulisan menjadi sebuah puisi. Sehubungan dengan waktu yang habis, maka pembelajaran ditutup dengan pemberian pekerjaan rumah (PR) menulis puisi dengan tema Ibu.
….

BAB 5
SIMPULAN DAN SARAN
5.1 Simpulan
Setelah peneliti melaksanakan seluruh proses penelitian dan melakukan analisa, peneliti dapat memaparkan kesimpulan mengenai Metode Demokrasi (Demonstrasi Kreasi Siswa). Berikut ini merupakan simpulan dari hasil penelitian.
1) Sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan Metode Demokrasi (Demonstrasi Kreasi Siswa), nilai rata-rata menulis puisi yang didapat siswa adalah sebesar 58,17. Dengan demikian, nilai tersebut termasuk ke dalam kategori cukup.

DOWNLOAD Selengkapnya

About these ads

Satu Tanggapan to “Contoh PTK B. Indonesia Membuat Puisi”

  1. mardiana Says:

    Terimaksih…sangat membantu sekali dlm tugas pembuatan PTK…Sukses selalu…


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.497 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: