Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud


Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud
Pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya untuk meningkatkan keakuratan pendataan pendidikan nasional. Seringnya terjadi kesimpangsiuran dan ketidakvalidan data menyebabkan terhambatnya kegiatan di sektor pendidikan karena belum ditunjang dengan teknologi dan informasi yang memadai. Sebagai upaya percepatan pendataan Data Pendidikan, pemerintah pada tahun ini memperkenalkan pendataan secara online, melalui software (aplikasi) yang tersedia di website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Sekolah yang sudah memiliki aplikasi pendataan selanjutnya melakukan entry data berupa data sekolah, data pendidik dan tenaga kependidikan, dan data siswa selengkap-lengkapnya. Setelah terisi lengkap kemudian dikirim secara online.
Untuk mengetahui data sekolah sudah terkirim atau sudah diterima oleh server caranya yaitu :
-          Kemudian pada menu Beranda, lihat table report progress pendataan pendidikan dasar 2012
-       Cari propinsi yang sesuai, lalu klik tanda plus (+) pada samping kiri nama propinsi, maka akan terbuka daftar nama kabupaten, kemudian klik lagi tanda plus pada kabupaten untuk melihat daftar kecamatan, lalu klik lagi tanda plus pada nama kecamatan maka akan terlihat nama-nama sekolah yang ada pada kecamatan tersebut, lalu cari nama sekolah kita, apabila sudah diterima maka aka nada keterangan tanggal diterima dan statusnya, jika tertulis berhasil diproses berarti sudah diterima server, jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.
Selanjutnya jika data sudah berhasil diproses, kita dapat mengakses data sekolah secara online dengan cara :
-          Maka akan muncul gambar seperti ini
-          Kemudian isi username dan password operator sekolah.
(ingat username dan password ketika membuka aplikasi (software) pendataan sekolah)
-          Jika username dan password benar, maka akan tertulis “login berhasil, tunggu sebentar”
-     Setelah dapat membuka, maka tampilan seperti pada aplikasi pendataan, menu terdiri dari Beranda, Sekolah, dan Register Pengiriman.
-        Untuk melihat data sekolah, data PTK, dan data siswa klik menu Sekolah di sebelah kiri atau klik Tab Data Sekolah pada bagian atas.
-          Untuk menampilkan data, klik nama sekolah kita yang tercantum pada daftar sekolah
-        Lalu kita dapat menampilkan data sekolah, daftar sarpras, daftar rombel, daftar siswa, dan daftar PTK dengan mengklik satu persatu tab yang berada pada bagian bawah.
-          Jika data tidak tampil pastikan nama sekolah di klik terlebih dahulu.
Sebagai perhatian, bahwa isi data pada web sepenuhnya menjadi tanggung jawab operator sekolah, maka pergunakanlah sebaik-baiknya dan simpan username dan password jangan sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, karena data ini merupakan milik sekolah.
About these ads

13 Tanggapan to “Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud”

  1. Cara Cek Data Guru / PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id « BANG GIRSANG Says:

    [...] Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud [...]

    • tumpanmunthe@yahoo.co.id Says:

      horas pak girsang……..////,gimana sebenarnya jumlah jam untuk mata pelajaran bimbingan konseling, sampai saat ini data saya masih belum valid, yang muncul selalu jjm linier masih belum sesuai dan data yang lainnya sudah valid, tolong dulu pak bantuannya. terima kasih. dari SMP Negeri 1 Lumbanjulu Toba
      Samosir)

  2. mukh Says:

    Bang Girsang sebaiknya penuhi dulu sarpras dan guru-guru kelas masih bnyak yg kurang, utk kelas di SD banyak guru yg mengajar bukan guru PNS juga bukan GTT karna peraturan pemerintah setelah thn 2005 sekolah tdk boleh mengangkat GTT, tetapi tidak diberi guru,jadi sekolah bersama komite mengambil langkah mengadakan guru untk latihan mengajar,walaupun masih banyak yg sdg kuliah .mhn mf dan trm ksh

  3. mhd yusuf Says:

    Bang Girsang,saya minta tolong usulan tunjangan daerah terpencil,karena pada tahun 2012 saya sudah dapat tetapi usulan yang baru ini untuk tahun 2013 tidak dapat di keluarkan.saya tidak tau alasannya apa.karena saya seorang guru PNS yang sudah mengabdi lama didaerah terpencil adanya tunjangan itu saya dapat terbantu namun tujangan saya pun juga separuh membantu kepentingan pendidikan didaerah tersebut.saya mohon bantuannya dari Bang Girsang untuk menyelesaikan kesalahan data atau berkas saya.karena pada tahun2010-2012 tidak ada masalah.mohon maaf Bang Girsang.terima kasih.

  4. Supratno, S.Pd Says:

    SD 4 Kedungsari Gebog Kudus NPSN 20317606 data DAPODIK sudah terkirim dan sudah diproses, namun belum di Verifikasi. Mohon penjelasannya.

  5. nuruddin,spd Says:

    Bang,,, nama saya di aplikasi data sekolah sudah ada dan di profil sekolah online juga sudah masuk, tapi pada SK tunjangan profesi yg kolektif persekolah kok gak masuk gimana ya,,,,?

    Saya guru PNS sejak thn 1992
    Setivikasi tahun 2007

  6. ruwinah Says:

    pa mf mau nanya ni,data ptk saya baru valid 11 april, memenuhi sarat menerima tunjangan profesi,apakah sktp saya akan diterbitkan bulan april? atau kapan krn masih banyak temen temen yg belum valid data nya….

  7. sony Says:

    pak kalau di satu sekolah ada guru yang mendapat tunjangan daerah khusus ada yang tidak. kalau dilihat dengan jumlah jam mengajar dan masa kerjanya sama,bila dilihat dengan umur mala yang tidak dapat umur lebih,maka saya bingung mengapa yang dapat tetap dapat yang tidak tetapp tidak. pak bisa terjadi kecembruruan sosial antara guru maka yang korban nya siswa. saya harap kalau bisa dihilangkan saja tunjangan itu

  8. Parsaoran Silitonga Says:

    Saya tenaga administrasi di sdn 067978. data dari telah saya kirim dan telah berhasil dikirim melalui dapodik secara online. data dari sekolah kami telah ada di server pusat setelah saya lihat di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id.
    tetapi kenapa ketika saya akan data sekolah secara on line di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id, saya tidak bisa mengaksesnya? padahal saya telah memasukkan user name dan password dengan benar sesuai dengan saat saya mengakses software dapodik secara ofline. keterangan yg muncul : “password salah”.

  9. HAJI ZAENUDDIN Says:

    pak ini dari SDN Bun Sumpak, ada satu permasalahan di dalam pengecekan Dapodik ada data guru yang tidak bisa di buka trus keluar permasalahan pasword tanggal lahir salah. trus bagaimana solusinya dan tanggal lahir sudah sesuai dengan data dapodik

  10. Mattie Amerio Says:

    Hey there, You’ve done a fantastic job. I will definitely digg it and personally recommend to my friends. I’m confident they will be
    benefited from this web site.

  11. Parsaoran Silitonga Says:

    Pak. Apakah berbeda cara melihat sk sertifikasi guru yang dari dinas pemdidikan dan dari dari dinas depag?? kalau berbeda, bagaimana cara melihat sk sertifikasi guru dari dinas depag? Soalnya ketika saya cek sk sertifikasi guru dari depag di http://223.27.144.198:8000/ , guru yang bersangkutan tidak tercantum. Mohon penjelasannya Pak.


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.496 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: