Info Tentang Data PTK Yang Bermasalah


Info Tentang Data PTK Yang Bermasalah
Seiring dengan diberlakukannya pendataan sekolah secara nasional, pihak sekolah perlu berhati-hati dan lebih teliti dalam mengisi dan melengkapi data sekolah. Adanya beberapa item pada kolom isian yang kurang diperhatikan dalam pengisiannya, sehingga menyebabkan hasil data dianggap belum valid atau bahkan berakibat fatal. Banyak sekali komentar yang masuk di blog ini berkaitan dengan cek data PTK, bahkan di website P2TK sendiri sudah memberikan warning terkait dengan banyaknya data PTK yang bermasalah berikut ini adalah peringatan dari P2TK, jika anda mencoba cek data :

  • Perbaiki data guru jika diperlukan melalui Dapodik Dikdas. Data akan terupdate dalam beberapa hari.
  • Jika masih ada masalah, kirim email mengenai masalah yg dimaksud beserta kode NUPTK ke cekdataguru.dikdas@gmail.com
  • HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK.
  • KAMI TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.
 
Dengan banyaknya email yang masuk dengan nada pertanyaan yang rata-rata hampir sama, maka P2TK melansir FAQ (Frequently Asked Question) maksudnya pertanyaan yang banyak ditanyakan, seperti di bawah ini :
  • Pertanyaan: “Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik).”
    Jawaban: Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.
  • Pertanyaan: “Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?”
    Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Sertifikasi/NRG dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK anda belum tercantum di basis data NRG yang ada pada kami (Dit.P2TK Dikdas). Kami akan mencoba mengupdate data, di saat yang sama Bapak/Ibu pun dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.
  • Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya salah password”
    Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik bapak/ibu.
  • Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan”
    Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan dapat login dengan sendirinya.
  • Pertanyaan: “Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah”
    Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.
  • Pertanyaan: “Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru”
    Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.
  • Pertanyaan: “Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah”
    Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.
  • Pertanyaan: “Saya belum punya NUPTK bagaimana mendapatkannya”
    Jawaban: Penerbitan NUPTK bukan merupakan wilayah kewenangan kami
  • Pertanyaan: “Sekolah saya ingin terdaftar Dapodik bagaimana caranya?”
    Jawaban: Coba hubungi KK Datadik kab/kota anda untuk bantuan.

Itulah daftar pertanyaan dan jawabannya yg dihimpun oleh P2TK, nah..bagiamana dengan data anda apakah sudah valid..silakang tinggalkan komentarnya..terima kasih..

About these ads

30 Tanggapan to “Info Tentang Data PTK Yang Bermasalah”

  1. rizca muthia Says:

    kok http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id/ptk/ setelah saya mencoba buka , tidak keluar ya pak datanya ? apa memang gangguan dari sana nya ?

  2. M. SALEH SAPA Says:

    data sudah dilengkapi sebagaimana petunjuk pengisian dapodik dan dikirim pd tgl 7 april yg lalu, kira-kira kapan bisa teraupdate di server pusat. (data smp negeri 4 enrekang)

  3. saeru Says:

    pak data yang uploud diinfopendataan selalu dikatakan cek konversi tahap 2 itu madsudnya apa ya?

  4. siti nurhayati Says:

    sgt sulit sekali untuk klarifikasi data PTK gimana cara yg mudah??????

  5. donis taus Says:

    selamat pagi , dan selamat hari minggu,
    ini dari Prop. NTT, Kab. TTU : Mohon cek nuptk atas nama : Gregorius Kenjam, A.Ma.Pd, nuptk yang bermasalah : 3241737640200053 ,Tempat Tugas Terbitnya nuptk SDK Bakitolas Kecamatan Miomafo Timur, Jabatan sekarang Kepala Sekolah SDK Kaenbaun Kecamatan Miomafo Timur,dimohon dengan sangat tolong cek nuptk nya karena setelah kita lakukan cek ke p2tk dikdas nuptk nya tidak ditemukan, dan saya operatornya sudah cek di dapodik sekolah tapi nuptk nya sama persis dengan ada yang itu bahkan sama persis juga dengan yang ada pada kartu nuptk nya itu, hanya masalahnya saat di login nuptk nya tidak ditemukan,…mohon bantuannya skrang juga ya pak, karena saya ( Dionisius Taus, ttl : 19 Agustus 1987, belum punya nuptk ) adalah salah satu operator sekolah yang jaraknya ke kota kefamenanu kab. ttu itu jaraknya 40 km ke kota,………..mohon balasanya ya pak ?…………..


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.498 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: