Tahun 2013, Tunjangan Profesi Guru Langsung Disalurkan Dari Pusat


Tahun 2013, Tunjangan Profesi Guru Langsung Disalurkan Dari Pusat

Wah..barangkali ini kabar yang menggembirakan bagi guru penerima tunjangan profesi. Karena mulai tahun 2013 uang tunjangan profesi guru akan langsung disalurkan ke rekening guru, tidak lagi melalui pemerintah kota/kabupaten. Kebijakan ini dilakukan karena penyaluran dana lewat pemerintah kota/kabupaten sering kali dananya terlambat diterima guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah sangat serius menyelesaikan persoalan tunjangan profesi guru yang sering kali uangnya terlambat diterima guru.

”Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, pemerintah pengambil kebijakan akan menyalurkan langsung dana itu ke tangan guru,” kata Nuh saat evaluasi program pendidikan 2012 dan rencana tahun 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pekan lalu, di Jakarta.

”Kami menyadari ini pekerjaan rumah yang sulit. Kami akan kawal dana itu agar benar-benar sampai di tangan guru,” ujar Nuh.

Dari total anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp 337 triliun di tahun 2013, pemerintah mengalokasikan Rp 43 triliun untuk tunjangan profesi guru. Besarnya tunjangan profesi guru satu kali gaji pokok guru.

Banyak potongan

Menanggapi hal ini, Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo berharap, tahun 2013 pembayaran tunjangan profesi guru akan lebih baik.

Dalam soal tunjangan profesi guru, kata Sulistiyo, masalah yang muncul antara lain banyaknya guru yang belum mendapat tunjangan profesi walau sudah lolos sertifikasi. Kalaupun menerima, dana itu sering terlambat hingga enam bulan. Selain terlambat, uang yang diterima guru tak utuh karena dipotong dinas pendidikan daerah dengan berbagai alasan. Kalaupun tidak dipotong, saat pencairan tunjangan profesi, guru diharuskan membeli berbagai perlengkapan pendidikan seperti laptop yang harganya lebih mahal dibandingkan harga pasar.

Sulistiyo juga menyoroti sulitnya guru swasta serta guru honorer mendapat tunjangan profesi. Saat ini dari sekitar 2,9 juta guru di berbagai jenjang pendidikan, sekitar 1,7 juta berstatus guru pegawai negeri sipil (PNS) dan sekitar 1,2 juta guru non-PNS, baik guru swasta, guru bantu, guru honorer, maupun status lainnya.

Dari rencana program pemerintah tahun depan, ujar Sulistiyo, tidak terlihat adanya rencana mengatasi kekurangan guru SD, tenaga administrasi, perpustakaan, dan laboratorium di sekolah. Persoalan tenaga kependidikan ini tidak pernah disentuh pemerintah pusat. ”Meski menjadi urusan daerah, tetap harus ada solusinya ketika daerah tidak menjalankan kewajibannya,” kata Sulistiyo.

About these ads

61 Tanggapan to “Tahun 2013, Tunjangan Profesi Guru Langsung Disalurkan Dari Pusat”

  1. Mukhidayat Says:

    Info-info nya sangata bermanfaat, terus berkarya pak

  2. Desy Says:

    Sy sangat setuju dengan keputusan pusat kalo dana Tunjangan profesi guru yang ada hrs di hendel langsung oleh pusat ke Rek tiap guru yang ada di daerah karena terlalu banyak alasan pemalakan yang di lakukan oleh dinas2 pendidikan di tiap2 daerah yang sangat meresahkan guru2, bila perlu tunjangan apapun yang diterima oleh guru2 di daerah sebaiknya di hendel langsung oleh pusat ke Rek masing2 guru di daerah.
    100% bt bpk Mohammad Nuh. God bleess…

  3. suherman Says:

    Sangat setuju, berkaca dari persoalan saya yang sampai saat ini TPP saya tinggal 2 bulan untuk tahun 2012 apa ini memang dari pusat yang telat atau di daerah yang sulit,

  4. syamsul Says:

    Sehsrusnys dana itu, tdk perlu langsung pusat yg menyalurkan, serahkan ke prop. Saya ykn akn lebih mudah dan jng masuk ke rrk. Pemda, krn ini akn sulit pembayarannya.

  5. budiyono Says:

    Demi kelancaran tunjangan profesi guru saya sangat gembira kalo disalurkan langsung dari pusat. karena selama ini sering terlambat dan kekurangan dana jg. semoga lancar dan terima kasih.

  6. RANUTYAS WIDYANTORO Says:

    Dengan rencana pemerintah yang seperti itu memang sangat2 bagus, karena selama ini yang saya dengar tiap dana apapun yang cair dari pemerintah pihak UPTD selalu mendapat pungli dari tiap guru bayangkan pak kalau tiap guru harus ditarik misal: 50.000 x 12 guru x 100 sekolah yg di dapat pihak UPTD sudah 60 juta sedangkan dana cair 3bulan sekali. WAH-WAH GIMANA NASIP GURU SEDANGKAN BANYAK PREMAN BERSERAGAM COKLAT BERLOGO KOTAMADYA.

  7. Iwan Ridwan Says:

    kapan TU diperhatikan

  8. SANDYHARAHAP Says:

    bagus tuh pak menteri biar jangan ada yang seujon dengan sesama

  9. Hendi Rediana Says:

    Kalau itu benar dilaksanakan, mulai kapan karena samapi saat ini tunjangan tsb. belum diterima.? Apakah akan cair setiap bulan ? atau tetap akan terlambat? Kenaikan gaji yang 7% aja belum turun harga2 sudah melonjak.

  10. Sri Hariningsih S.Pd Says:

    SIIIP DEH! ALHAMDHULILLAH…………………………………………….AKHIRNYA KESAMPAIAN JUGA.Terimakasih ya Allah.

  11. profesisangguru Says:

    thanks, informasinya bagus dan bermanfaat.

  12. Faisol Ghufron Says:

    Semoga mutu pendidikan di Indonesia smakin baik di tahun 2013 ini, terima kasih kepada Kemendikbud yg telah memperhatikan nasib guru (swasta)…Mantabbb

  13. tasliatul fuad Says:

    terima kasih atas infonya, sebaiknya begitu agar tidak terlambat lagi.

  14. MAMANG Says:

    mudah2-an terealisasi langsung k’ rek. guru. Amin……!!!

  15. MoejoerAlGontori Says:

    Cucok tuh pak, penjabat struktural sering kali nyunatin fungsional ” guru”…. dana yang diterima tidak utuh lagi …

  16. dedi Says:

    kapan kira-kira tunjangan profesi guru terrealisasikan….karna sampain saat ini belum menerimanya…thanks

  17. djoko sukastomo Says:

    Saya mendukung sekali, agar dapat dinikmati seperti yang semestinya kita terima.

  18. Legimin, M.Pd Says:

    Terima kasih kepada Bapak MENDIKBUD atas perhatiannya…
    kami sampai sekarang belum menerima uang tunjangan sertifikasi sebanyak 2 bulan lagi untuk tahun 2012..
    Pemerinta Kabupaten masih terhutang 2 bulan lagi…

  19. M.Ibrahim Says:

    semoga hal ini cepat terealisasi khusunya di lingkungan kemenag, terus terang saja saya guru yg bersertifikasi sejak tahun 2010 namun sampai saat ini baru menikmati tunjangan profesi hanya 4 (empat) bulan, sisanya saya gak tahu kemana, bayangkan saja berapa bulan TPP saya yg belum di cairkan sampai-sampai saya tidak tahu mau mengadu kepada siapa…terima kasih infonya

  20. Dian Says:

    Untuk bapak Kemendikbud : bagaimana dengan nasib guru swasta bidang studi PENJASKES di jenjang SD khususnya kota Surabaya yang telah lulus sertifikasi guru 2011, sampai dengan saat ini belum menerima TPP sama sekali….


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.498 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: