Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Direncanakan Maret 2013


Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Direncanakan Maret 2013
Uji Kompetensi Awal (UKA) merupakan salah satu tahap yang harus diikuti oleh calon peserta Sertifikasi Guru. Tujuan Uji Kompetensi Awal ini adalah untuk mengetahui profesionalisme seorang guru.
Uji Kompetensi Awal hanya dikhususkan bagi calon peserta Sertifikasi Guru yang mengikuti melalui pola PLPG. Sedangkan calon peserta Sertifikasi Guru untuk pola PSPL dan pola PF tidak melalui tahap Uji Kompetensi Awal ini. Setelah calon peserta Sertifikasi Guru lulus mengikuti Uji Kompetensi Awal, barulah punya kesempatan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).
Bagi anda yang telah memenuhi syarat administratif dan telah terdaftar sebagai calon peserta Sertifikasi Guru tahun 2013, diharapkan mempersiapkan diri untuk mengikuti UKA tersebut. Jadwal Uji Kompetensi Awal rencananya akan dilaksanakan secara serentak di masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia pada bulan Maret 2013. Maka diharapkan kepada peserta untuk memantau terus kepastian jadwal dan tempat pelaksanaannya.
Uji kompetensi awal (UKA) sebagai saringan awal sertifikasi guru 2013 bergulir Maret depan. Para guru yang sudah masuk database calon peserta sertifikasi dihimbau mulai belajar dan tidak meremehkan UKA.

Himbauan ini disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kemendikbud Syawal Gultom. “Pengalaman hasil UKA 2012 harus jadi pelajaran,” katanya di depan guru se-Mataram di kantor LPMP Provinsi NTB Rabu malam lalu (23/1).

Dalam UKA 2012 lalu, Kemendikbud benar-benar mendapat kejutan. Saat sidak ke lokasi ujian, para guru terlihat santai menghadapi ujian. Ketika hasil penilaian keluar, ternyata nilai rata-rata UKA jeblok. Nilai rata-rata nasional guru SD, SMP, dan SMA kurang dari 50 (nilai maksimal ujian 100).

“Seharusnya nilai UKA bagus,” tandas Gultom. Dia mengatakan jika materi soal UKA adalah yang diajarkan guru sehari-hari. Jika hasil UKA rendah, kompetensi guru dalam mengajar dipertanyakan.

Dengan persiapan yang matang, mantan rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) itu optimis nilai guru bakal terdongkrak. Gultom mengatakan jika nilai UKA tinggi, berarti guru tidak kerepotan saat mengikuti sertifikasi.

Gultom menjelaskan jika pelaksanaan sertifikasi 2013 bakal dijalankan Juni atau Juli. Kuota sertifikasi 2013 ditetapkan sejumlah 250 ribu kursi. “Mudah-mudahan daya serapnya tinggi,” kata dia.

Tahun 2012 lalu daya serap kuota sertifikasi guru tergolong rendah. Sebab pemerintah tidak bisa memaksakan guru dengan nilai UKA rendah untuk ikut sertifikasi. Gultom menegaskan supaya guru berlomba mendapatkan nilai UKA tinggi supaya bisa mulus ikut sertifikasi. Dia mengatakan sebentar lagi undangan mengikuti UKA 2013 akan segera disebar.

Uji Kompetensi Awal dilaksanakan secara tertulis di tiap Kabupaten/Kota dengan soal-soal yang memenuhi Standar Nasional. Seperti tahun 2012 selalu diterbitkan Kisi kisi UKA bagi guru yang akan mengikutinya.
Kisi-kisi Uji Kompetensi Awal ini memberi gambaran kepada peserta tentang soal-soal yang akan di ujikan, dan tentu akan memudahkan guru dalam mempelajari dan menjawabnya. Kisi-kisi Uji Kompetensi Awal diberikan sesuai dengan bidang studi tertentu yang diikuti guru pada jenjang pendidikan, seperti PAUD, TK, RA, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MAK, dan SDLB. Tidak kurang dari 71 bidang studi telah diterbitkan Kisi-kisinya.
Sebagai bahan latihan dan belajar silakan download kisi kisi Uji Kompetensi Awal 2012. Semoga bermanfaat.
 Untuk mendownload Kisi-Kisi dari website resmi Klik  DISINI
About these ads

19 Tanggapan to “Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Direncanakan Maret 2013”

  1. wulyono Says:

    Trima kasih bang infonya moga-moga bermanfat dan semoga abang dapat pahala dari yang maha kuasa

  2. amaiha2013 Says:

    Tolong cantumkn nama-nama lulus pemberkasan sertifkasi maluku tengah 2013

  3. DINA NURMINASARI Says:

    Tapi kenyataannya belom ada kabar jdwl kepastian UKA 2013 tuk cirebon
    Tolong informasi kepastiannya kpn via email alamat dinanurminasari@ymail.com
    Terimakasih

  4. SRI WURYANI Says:

    PASTINYA UKA PADA BULAN MEI TGL BERAPA?

  5. lesmana Says:

    ah…yang sudah lulus sertifikasi aja…nunggu NRG lama banget…malah skarang ada wacana pembatasan masa sertifikasi..!

  6. Nur shoimatin Says:

    IAIN Sunan Ampel kapan UKA 2013

  7. mharis24dishut@gmail.com Says:

    tanggal berapa uka 2013 bang girsang?balas

  8. Satria Says:

    good

  9. Petir Says:

    Tolong krimkan daftar nama peserta ukg kab serang

  10. Petir Says:

    Tlong krimkn daftar nama peserta ukg kab serang

  11. rini Says:

    mksih…. pemerintah telah memperhatikan nasib guru2 honorer….

  12. juli Wanti Munthe Says:

    Bang…. tolong lampirkan contoh soal uka 2012 untuk matematika smp ya, trims

  13. tiurlansaragih Says:

    Bang……ada ptk yang sudah lulus pasca UK di Medan,bagaimana kelanjutannya,kapan PLPG ?. Trims

  14. Moh slamet,S.Pd Says:

    bang utk uka serdu madrasah thn 2013 itu kpn ya,,,

    • Bang Girsang Says:

      Pengalaman tahun lalu, proses sergu di Kemenag adalah, peserta sergu ditetapkan oleh Kemenag termasuk LPTK PLPG. Kemudian, LPTK tersebut yang mengumumkan jadwal UKA dan sekaligus jadwal PLPG nya. Jadi, ditunggu saja, atau tanya ke Mapenda Kab.


Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.497 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: